4 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog Paling Ampuh Terbaru

Riset Keyword merupakan langkah penting sebelum kalian menulis artikel untuk blog. Riset keyword ini berfungsi untuk menentukan kata kunci apa yang tepat untuk digunakan pada blog kalian. Memilih kata kunci yang tepat, penting karena akan berpengaruh pada performa blog kalian di hasil pencarian Google. Penulis blog harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari agar bisa menemukan kata kunci yang tepat.

Jika artikel yang kalian buat muncul di halaman pertama Google, blog kalian akan mendapat lebih banyak mendatangkan para pembaca. Lebih bagusnya lagi, jika kalian ingin artikelnya berada di urutan pertama hasil pencarian yaitu dengan cara memilih kata kunci yang tepat agar mudah untuk berada di rangking pertama hasil pencarian.

Kalian harus memperhatikan empat komponen penting dalam meriset keyword yaitu :

Searc Volume ( Volume Pencarian )
Search volume atau volume pencarian adalah seberapa banyaknya sebuah kata kunci yang dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Keyword tool akan menampilkan banyak dalam pencarian keyword dalam satu bulan terakhir.

Misalnya, search volume sebuah kata kunci menunjukkan angka 1000, artinya keyword tersebut dicari 1000 kali di Google dalam kurun waktu satu bulan.

Keyword Difficulty ( Tingkat Kesulitan Keyword )
Keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan dari sebuah kata kunci untuk berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin besar angkanya, semakin sulit kata kunci tersebut untuk meraih posisi pertama hasil pencarian. Pada keyword difficulty akan memberitahu berapa backlink yang dibutuhkan agar sebuah artikel bisa berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi maka semakin banyak backlink yang dibutuhkan.

Keyword Suggestion ( Saran Kata Kunci )
Keyword suggestion adalah saran kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci yang kalian cari. Contohnya, kalian melakukan riset keyword untuk kata kunci “Tutorial Memasak”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “Tutorial Memasak Ikan”, “Memasak Nasi Kuning”, atau “Tutorial Memasak Sederhana”.

Search Engine Result Page ( SERP )
SERP menunjukkan laman-laman yang menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian keyword yang kalian riset. Fungsinya adalah untuk melihat kualitas laman-laman yang bisa menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

Beberapa Cara Riset Keyword dengan bantuan Keyword Tool yang dapat kalian gunakan secara gratis dan praktis :

5 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog Paling Ampuh Terbaru

Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang dimiliki digital marketer Neil Patel. Kalian dapat menggunakan keyword tool ini gratis tanpa perlu membayar.
Cara riset keyword dengan Ubersuggest cukup mudah hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin kalian gunakan dan wilayah yang ingin kalian targetkan.  
Ubersuggest mampu memberikan informasi besar kecilnya volume pencarian keyword tersebut, kadar kesulitan keyword, dan saran keyword yang bersinambungan yang bisa digunakan.

5 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog Paling Ampuh Terbaru

Dapat dilihat bahwa volume pencarian kata kunci tersebut adalah 12100 pencarian per bulan. Kemudian nilai kompetisinya adalah 1. Angka ini menunjukkan tingkat kesulitan untuk berada di halaman pertama hasil pencarian Google. Semakin besar angkanya, semakin sulit untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian Google.


Keyword tool kedua adalah KWFinder. KWFinder memberikan informasi berupa search volume atau volume pncarian, keyword difficulty atau tingkat kesulitan, dan SERP dari sebuah keyword. Saya menggunakan kata kunci yang sama untuk percobaan, yaitu “Cara Memasak”. Hasilnya dapat kalian lihat di atas, tetapi saran kata kunci yang dapat dilihat pada percobaan ini terbatas.

Google menyediakan cara riset keyword lain sendiri yang bisa disebut related search. Setiap kali kalian melakukan pencarian dengan Google, hasil yang disediakan tidak hanya mencakup artikel-artikel dengan kata kunci yang diketik. Google juga memberikan saran kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang dicari secara real time.

Contohnya saya mencari kata kunci “Cara Memasak” dan hasil saran long tail keyword yang diberikan Google adalah sebagai berikut:


Kesimpulannya riset keyword di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa yang sepenuhnya gratis dan ada pula yang hanya sebagian berbayar. Saya saranin kalian cukup menggunakan Ubersuggest saja dimana cuma mebutuhkan akun pendaftaran gratis.

Demikian artikel mengenai cara riset keyword untuk blog paling ampuh terbaru. Temukan keyword yang paling tepat untuk blog kalian untuk meningkatkan rangking di hasil pencarian. Kesalahan memilih keyword akan berpengaruh pada popularitas blog kalian. Jadi jangan sampai salah ya untuk memilih riset keyword.


13 Responses to "4 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog Paling Ampuh Terbaru"

  1. lebih gampang dan lebih mudah menggunakan ubersuggest
    thx informasinya kak

    ReplyDelete
  2. Baru pernah coba ubbersuggest dan google related, kalo yg lain apakah akurat bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap akurat kog mas, malah fitur"nya lebih lengkap lagi tpi perlu keluar biaya kalau ingin hasil yg lebih baik. saya rasa pakai ubersuggest itu sudah lebih dri cukup

      Delete
  3. Mantap gan info totorialnya detail dan jelas,, mudah d pahami, jadi bisa d pelajari dgn mudah. Makasih gan

    ReplyDelete
  4. Informatif sekali artikelnya gan..... apalagi buat blogger pemula seperti sy ini. Mantap gan, semangat terus nulisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas makasih sudh mampir...
      Salam blogger

      Delete
  5. Mantap mas selama ini bikin artikel jarang riset😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus riset mas biar tambah mantap jiwa artikelnya 😊

      Delete
  6. patut dicoba ni cara nya, mas. terima kasih sheringnya gan

    salam Mediweb4u

    ReplyDelete
  7. Jos! Artikelnya sangat bermanfaat buat saya yang lagi belajar tentang per-keyword-an hehee

    ReplyDelete
  8. yosh Ubersuggest number one :) karena saya pake situs ini. Gratis dan akurat dah

    ReplyDelete

- Harap berkomentar sesuai topik/judul
- Tidak diperbolehkan mempromosikan barang
- Gunakan kolom komentar dengan bijak
Selamat Berkomentar......... :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel