CARA MEMBUAT BLOG DOWNLOAD UNTUK PEMULA DAN ADSENSE

Cara Membuat Blog Download Untuk Pemula dan Aman Untuk Google Adsense - Mungkin Anda sudah memikirkan untuk membuat blog download, karena Anda berpikir niche blog download lebih mudah dikelola daripada blog yang isinya artikel saja. Anda tidak perlu menulis artikel panjang lebar, hanya butuh mereview and promote saja.

Apa itu Blog Download ? - Blog Download adalah sekumpulan artikel review singkat yang di dalamnya berisi link untuk di-download atau unduh, dan nanti Anda akan mendapatkan bentuk file hasil download tersebut.

Namun jangan sangka blog download itu mudah, karena jika Anda tidak memiliki keahlian untuk mengolahnya, Anda akan mengalami kesulitan.

Karena kesulitan, maka Anda akan mulai putus asa dan pada akhirnya menyerah di tengah jalan. Tapi itu semua bisa Anda pelajari kog :) santuy saja sobat, kita akan bahas tuntas semua permasalahan beserta solusinya disini.

Jika Anda ingin membuat blog ber-niche download, Anda tepat berada di artikel ini. Yuk simak hingga selesai ya sobat :)

Berikut Ini Kesulitan Dalam Membuat Blog Download Yang Harus Anda Ketahui

Cara Membuat Blog Download Untuk Pemula dan Aman Google Adsense


1. Wajib Rutin Update - Ketika blog download jarang diperbarui, kemungkinan besar pengunjung akan kabur jika Anda jarang memperbaruinya. Hal ini tentu sangat menyulitkan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mengelola niche blog download.

2. Wajib Mempunyai Fast Connect - Anda wajib mempunyai kecepatan koneksi untuk mengakses file-file (berkapasitas besar) yang akan Anda unduh di dalam konten tersebut. Bayangkan saja jika koneksi Anda lemot alias lelet, akan ada banyak waktu yang terbuang gara-gara ini.

3. Tidak Wajib Menggunakan WordPress - Yups mengapa saya bilang tidak wajib, dikarenakan bukan blog gratisan :) pengguna WordPress Self Hosting ini harus bersedia mengeluarkan biaya. Ya jika Anda mampu silahkan saja. Jika Anda memakai platform Blogger, blog download ini rawan ditendang oleh Google. Blog berniche ini mempunyai file hak cipta (copyright), Uups tapi santai ya :) semua itu bisa kita akalin kog jika Anda memakai Blogger hehehe.

Saran saya gunakan platform WordPress Self Hosting jika ingin terlihat lebih profesional. Anda juga bisa membaca perbandingan platform WordPress dan Blogger disini.

4. Gampang Ditolak Google Adsense - Google sendiri mengatakan bahwa setiap penayang iklan Adsense, dilarang untuk memuat konten yang berbau hak cipta, konten dewasa, judi, dll. Namun itu hanya mitos belaka, ada banyak blog download yang telah menampilkan iklan Google Adsense, Anda dituntut untuk ahli mengolah blog download ini di platform gratisan milik Google. Saya akan membahasnya di bawah.


Beberapa Keunggulan Niche Blog Download

Nah, di atas kita telah mengetahui beberapa kesulitan di dalam membuat blog download, sekarang kita membahas keunggulannya yaitu :

1. Ide Mudah Dicari - Pernahkan, Anda memikirkan sesuatu misalnya (tema blogger atau software). Pasti sobat ingin membuat konten yang sekejap terlintas di benak pikiran (tema blogger atau software). Nggak perlu kesana kemari untuk mencari sumber konten, Anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana cara untuk membuat konten tersebut dengan mudah.

2. Artikel Singkat - Nah, untuk yang satu ini Anda harus pintar mengolah kata-kata ya, jangan sampai karena blog download Anda mengisi artikelnya sepatah atau dua patah saja. Itu kurang efektif loh sob :)

Ya minimal 250 - 300 kata dengan poin-poin yang penting saja dan memberikan kata kunci lah agar lebih SEO dan konten Anda bisa berada di halaman pertama Google. Anda nggak perlu capek dan buang-buang waktu yang banyak untuk niche ini, terlalu panjang pun saya yakin pengunjung hanya melihat poin pentingnya.

3. Lebih Mudah Dipromosikan - Sama seperti niche berita, niche download ini banyak peminatnya, apalagi jika file dan konten Anda sangat dibutuhkan bagi mereka. Promosikan saja lewat Facebook, Twitter, dan jangan lupa untuk di submit ke webmaster.

Tips Membuat Blog Download Untuk Pemula

Ada 9 tips untuk membuat blog download. Apa saja tips-tipsnya, mari kita simak bersama

A. Memilih Niche Blog Download

Seperti yang kita ketahui, blog download memiliki bermacam-macam jenisnya seperti lagu, film, game, software, dan masih banyak lagi. Nah, silahkan Anda untuk memilih salah satu dari jenis tersebut sesuai kesukaan dan hobi Anda.

B. Memilih Platform

Sudah saya uraikan di atas, terdapat dua platform yang saya rekomendasikan yaitu antara Blogger atau WordPress. Jika mau yang gratisan maka pilih Blogger, namun resiko pelanggarannya yaitu blog Anda akan di tendang oleh Google tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Jika menggunakan WordPress, pilih saja WordPress.org (self-hosting) karena meskipun harus mengeluarkan modal untuk membeli hosting dan domain, namun Anda tidak perlu khawatir akan ada pelanggaran dari Google karena blog 100% milik sobat sendiri.

C. Memilih Template

Anda harus jeli dan teliti terhadap template gratisan, dikarenakan di luaran banyak sekali template premium versi gratis yang sudah dimodifikasi agar si pembuat tema tersebut bisa menyisipkan link aktif di dalamnya. Rekomendasi saya jika Anda mempunyai uang jajan lebih, silahkan beli saja template premium asli dari pemiliknya, tanpa khawatir ada link aktif di dalamnya.


Berikut ini yang harus Anda miliki dan ketahui yang terdapat di dalam template SEO :
  • Responsive 100%
  • SEO Friendly
  • Fast Loading
  • Ads Optimized
  • Support Fitur Desainer Tema

D. Menentukan Perangkat

Dalam menentukan perangkat untuk blog download ini, saya rekomendasikan menggunakan laptop atau pc Anda sendiri. Kebayang kan, jika menggunakan hp kinerja Anda akan terbatasi oleh minimnya fitur yang ada. Jika Anda menggunakan laptop/pc pasti disamping pengerjaannya yang lebih mudah, juga memberikan kepuasan yang lebih.

E. Koneksi Internet

Yaa namanya juga blog download, sediakan koneksi internet yang stabil dan unlimited, sukur-sukur memiliki wifi. Bayangkan saja jika Anda bolak-balik beli kuota internet untuk mengejar kecepatan koneksi, yakin deh lama-lama uang jajan Anda ludes hehehe :)

Maka dari itu, di samping koneksi internet yang stabil, usahakan kuota Anda unlimited ya. Tapi saya tidak akan merekomendasikan merek kartu apa yang harus digunakan, toh saya tidak di endors jadi ya tergantung Anda mau memakai kartu mana untuk koneksi internet tersebut wkwkwkwk :D

F. Penyimpanan (File Hosting)

Anda nanti akan membutuhkan alat atau platform untuk menyimpan file-file yang akan Anda bagikan di blog. File Hosting yaitu platform penyimpanan seperti Cloud Storage. Banyak sekali Cloud Storage di internet, namun yang perlu Anda butuhkan hanya :
  • Fast Server
  • Free Fast Download
  • Limit untuk ukuran file tidak terlalu kecil
Nah, dari ketiga fitur tersebut, saya rekomendasikan Anda bisa kunjungi situs-situs di bawah ini untuk Cloud Storage (menyimpan file download) :
  1. Zippyshare
  2. Mediafire
  3. GoogleDrive
  4. UpFile

G. Mencari Partner

Jika Anda tidak mampu untuk mengupdate konten secara bertahap karena kesibukan, Anda bisa mencari partner atau seseorang yang Anda percayai untuk bekerjasama membangun blog download tersebut. Namun jika Anda tidak ada kendala dan bisa konsisten update setiap hari, Anda tidak perlu untuk mencari partner.

H. Action to Promote

Langkah selanjutnya yaitu Anda bisa mempromosikan hasil postingan ke beberapa pihak yang menurut saya sangat efektif dilakukan yaitu :
  • Submit ke Webmaster - Sama seperti blog berniche lainnya, Anda wajib submit atau daftarkan blog download ke webmaster, guna agar postingan muncul di Google. Syukur kalau berada di rangking no.1 Google :) hehehe. Jangan lupa SEO juga harus Anda terapkan, jika belum tahu, Anda bisa baca Apa itu SEO - Pengertian dan Cara Kerjanya.
  • Share ke Sosial Media - Pada umumnya, seorang blogger tak luput untuk share hasil postingannya ke media sosial. Hal ini juga merupakan faktor yang paling efektif untuk mempromosikan blog Anda (mempromosikan konten harus sesuai pada niche atau orang yang membutuhkan). Karena membagikan ke media sosial, blog Anda akan banyak yang tahu dan bisa terkenal.
  • Memakai jasa Google Adwords dan FB Ads bagi yang punya uang lebih saja ya. Jangan sangka jika pengunjung blog Anda akan berjibun jika memanfaatkan jasa iklan ini untuk mempromosikan postingan sobat.

I. Mendaftarkan ke Safelink

Nah, inilah yang sudah saya sebutkan di atas, bagaimana cara mengakali blog download bagi pengguna platform blogger untuk bisa di monetisasi. Jangan bingung, masih ada kog solusi yang bisa Anda gunakan agar blog download Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Anda bisa memakai Adsense dari pihak lain seperti (Adf.ly, Bit.ly, Safelinku, Linkshrink.net) yang lainnya bisa Anda sampaikan di komentar ya, untuk membantu teman-teman yang ingin memonetisasi blog downloadnya.

Cara Membuat Blog Download to Google Adsense

Membuat blog download yang aman untuk Google Adsense itu susah-susah gampang. Mengapa? Ya karena tidak semua blog download bisa menampilkan iklan Google Adsense.

Bagaimana caranya agar blog download lolos dari Google Adsense?

Oke oke tenang sobat blogger, saya akan bagikan dari riset saya terhadap situs-situs blog yang ber-niche tersebut.

Cara Ampuh Memasang Iklan Google Adsense Pada Blog Download

1. Memberikan link kehalaman resmi situs download

Perlu Anda ketahui jika ingin memberikan link download di konten Anda, jangan lupa berikan link download yang mengarah kehalaman situs resminya. Kemudian, link mirror-nya arahkan ke storage penyimpanan download milik Anda. Mengapa demikian? sudah, ikuti saja :)

Jika Anda meletakkan link utama ke penyimpanan Anda, dalam waktu yang berdekatan pasti blog Anda akan di banned oleh pihak Google. Maka dari itu saya sarankan link utama harus menuju ke halaman situs resmi download tersebut menggunakan atribut dofollow, kemudian link mirror Anda beri saja atribut nofollow. Mengapa? yaa ikuti saja demi keamanan :)

2. Buat konten original untuk melengkapi data download

Buatlah kata-kata Anda sendiri, hasil riset sendiri, dengan kemampuan Anda sendiri. Agar konten blog download Anda tidak melanggar kebijakan TOS Google, pastinya aman. Jangan sampai konten hasil riset Anda terhadap sumber resminya, Anda copas tanpa merubah dan memperbaikinya. Hal inilah yang membuat blog download reputasi di mata Google tidak baik, karena kontennya yang tidak dimodifikasi,

3. Jauhkan iklan dari link atau menu download

Dari beberapa kasus blog download yang ditolak oleh Google Adsense, yaitu dimana pemilik blog download serampangan menempatkan iklan yang berdekatan dengan tombol download. Sehingga mengelabuhi dan menyesatkan pengunjung agar tidak sengaja mengklik iklan Adsense tersebut.

Aturlah letak iklan Adsense sehingga tidak berdekatan dengan link maupun tombol download di konten Anda.

4. Gunakan Shortlink

Demi keberhasilan suatu blog download untuk menampilkan iklan, redirect link sangatlah dibutuhkan yang berfungsi untuk memanipulasi link download Anda, agar search engine tidak merayapi dan mengindeks ruang penyimpanan Anda. Otomatis mesin pencari akan mengetahui bahwa penyimpanan link download Anda berasal dari situs resminya.

5. Sisipkan topik lain namun relevan

Yang terakhir agar konten Anda tidak sepenuhnya berisi halaman download, sisipkan kata-kata yang membahas topik lain namun sesuai dengan konten. Misalnya Anda akan membuat konten download lagu, sebaiknya sisipkan di bawahnya lirik lagu dan kord gitar.

Baca Juga : Rugi Nggak Baca - Cara Optimasi SEO On Page

Kesimpulan :

Terapkan cara di atas agar blog download Anda tidak melanggar kebijakan Google dan dengan mudah diterima menjadi penayang iklan Google Adsense.

Oke sobat blogger, tidak terasa kita sudah berada di ujung pembahasan ya :)
Jika menurut Anda ini bermanfaat, silahkan share ke teman dan kerabat dekat yang ingin membuat blog download.

Klik Tombol Berlangganan untuk mendapatkan informasi mengenai tips blogging lainnya di bog mazfauzirizal

0 Response to "CARA MEMBUAT BLOG DOWNLOAD UNTUK PEMULA DAN ADSENSE"

Post a Comment

- Harap berkomentar sesuai topik/judul
- Tidak diperbolehkan mempromosikan barang
- Gunakan kolom komentar dengan bijak
Selamat Berkomentar......... :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel