Off Page SEO Adalah? Penjelasan, Tools Dan Optimasi Off Page

SEO Off Page Adalah? Penjelasan Dan Optimasi Off-Page - Apa itu SEO Off Page? Pada artikel kali ini, kita akan belajar beserta pengertian dan cara optimasi di blog atau website.

Banyak pemula blogger yang telah menerapkan hal tersebut dengan cara instan atau dengan cara sembarangan, untuk mengoptimasi SEO off-page blog/website-nya. Dengan tujuan supaya blog bisa bertengger di Page One Google dengan waktu yang singkat, padahal justru akan membuat blog dan website menjadi lebih buruk di mata mesin pencari.

SEO Off Page Adalah?

SEO Off-Page atau Off-Page SEO yaitu segala sesuatu optimalisasi mesin pencari dari luar blog/website. 

Mengoptimalkan SEO On Page (dari dalam website) itu saja belum cukup untuk mendapatkan rangking tinggi di dalam hasil pencarian. Terutama pada situs yang masih baru yang belum memiliki audience, kecuali Keyword Competitor-nya cukup rendah.

Hal tersebut biasanya berupa Backlink (Link Balik) ke website utama dengan menargetkan kata kunci di dalamnya. Namun semua itu dapat Anda terapkan jika optimalisasi SEO On-Page sudah baik dan benar.

Mengapa Off Page SEO harus mengedepankan backlink? Jawabannya : Iya karena berhubungan optimalisasi dari luar website Anda sendiri, jadi kunci utamanya Anda harus membangun sebuah backlink yang memiliki Page Rank tinggi.

Namun satu hal yang harus Anda tahu, bahwa penggunaan backlink yang tidak wajar dapat berdampak buruk pada kelangsungan website Anda di SERP (Search Engine Result Page). Hal tersebut bisa dilihat dari declining keyword (penurunan kata kunci) yang Anda target pada search engine.

Bagaimana Cara Kerja Off Page SEO?

Dari penjelasan di atas, kita sudah tahu bahwa cara kerjanya untuk mengoptimalkan Off-Page SEO adalah di luar web utama dengan menyediakan link ke blog atau website utama. Untuk jenis backlink tersebut, Anda dapat menggunakan backlink beratribut Link Do-Follow atau Link No-Follow.

Untuk mengoptimalkan Off-Page SEO pada website, Anda bisa lakukan dengan cara memberikan backlink seperti (Blog Post, Forum, Social Network, dan lainnya seperti gambar di bawah ini.

SEO Off Page Adalah? Penjelasan Dan Optimasi Off Page
Sumber Gambar : thenextmarketers.com

A. Teknik Membangun Backlink (Link Building) Yang Benar Dan Berkualitas To Off Page SEO

Link Building merupakan pendukung konten pada website/blog. Jika Anda tidak memiliki konten yang baik, maka sebaiknya Anda jangan menerapkan link building tersebut. Mengapa? Karena selain membuang banyak waktu, website Anda akan mendapatkan pelanggaran dari Google.

Beberapa backlink yang tidak disukai oleh search engine karena sering disalahgunakan. Salah satu contohnya yaitu backlink yang terlalu dipaksakan sehingga over, sedangkan blog atau website masih berumur seujung jagung.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang memiliki dua konsep yaitu berkualitas serta natural.

Semakin banyak link keluar yang Anda raih, maka semakin mudah pula Search Engine menemukan halaman web Anda. Namun, ada hal yang perlu Anda juga pertimbangkan kualitas backlink itu sendiri. Anda tidak boleh asal-asalan dalam mencari atau membangun backlink, Sebab backlink yang tidak berkualitas malah dapat memperburuk website Anda.

Sebelum melangkah jauh untuk membangun backlink, alangkah baiknya kita perhatikan beberapa poin pentingnya terlebih dahulu.

Berikut Ini 3 Poin Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Mendapatkan Backlink yang Berkualitas


Backlink Yang Berguna Untuk Menjaga Reputasi Website

Pada poin pertama, ketika orang akan mencari sebuah keyword (kata kunci) di Google, Google akan berusaha untuk menampilkan hasil pencarian terbaiknya untuk sipencari. Google akan mengarahkan hasil pencarian pada website-website yang populer. Bagaimana cara Google untuk menilai sebuah website populer dan tidaknya? Google akan menggunakan backlink sebagai parameter maupun tolok ukur kepopuleran sebuah website. Jadi secara garis besarnya, semakin banyak backlink yang berkualitas yang mengarah ke website Anda, maka semakin baik pula penilaian reputasi website Anda di Google.

Backlink Relevan Yang Dapat Meningkatkan Kredibilitas Website

Nah pada poin kedua ini, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, backlink menjadi parameter penting dalam menentukan kepopuleran sebuah situs atau website di Google. Namun, Google tidak sepenuhnya menilai backlink dari segi kuantitasnya saja, Google juga akan menilai backlink pada website Anda berdasarkan kesesuaiannya atau relevansinya.

Apa sih yang dimaksud backlink yang relevan itu? Backlink yang sesuai (relevan) yaitu sebuah backlink (link balik yang mengarah ke website utama) yang dapat diperoleh dari situs, blog, atau website dari niche yang sama. 

Contohnya, website dengan niche smartphone mempunyai backlink yang relevan ketika mereka mendapatkan sebuah backlink dari situs, blog atau website yang ber-niche teknologi. Jadi, website dengan niche smartphone tersebut dapat dianggap credible oleh Google.

Backlink Yang Bisa Mendatangkan Traffic Ke Website

Kita sudah berada pada poin yang ketiga. Pada poin-poin yang sudah dijelaskan di atas, semakin banyak backlink yang berkualitas Anda peroleh, maka semakin besar pula kesempatan website Anda nongkrong di peringkat tinggi hasil pencarian Google.

Selain traffik (lalu lintas) yang Anda dapatkan dari hasil pencarian, backlink juga dapat mendatangkan traffik dari link yang ditanam pada website pemberi backlink. Jika website si pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi yang baik di Google dan banyak mendatangkan traffik, otomatis website Anda akan mendapatkan traffik yang banyak juga dari pemilik website pemberi backlink tersebut yang linknya mengarah ke website Anda.

Berikut Ini 6 Teknik Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

1. Membangun Kredibilatas - Untuk mendapatkan backlink berkualitas, hal pertama membangun kredibilitas harus Anda lakukan pada website. Situs atau website yang memiliki backlink berkualitas hanya ingin memberikan backlinknya kepada website maupun blog berkualitas. Oleh karna itu, diperlukan membenagun kredibilitas.

2. Konten Bermanfaat dan Memberikan Solusi - Dengan membangun kredibilitas, harus dibarengi konten yang bermanfaat nyata bagi pencari dan mampu memberikan solusi. Jika sebuah konten tidak memiliki 2 hal tersebut, mustahil akan terwujudnya suatu kredibilitas.

3. Topik Pembahasan yang Infografik - Kebiasaan malas untuk membaca paragraf yang panjang, cara untuk mengakalinya yakni Anda dapat memanfaatkan tipe pembahasan dengan paragraf yang infografik. Buatlah infografik supaya visitor tertarik untuk membaca artikel Anda. Selain itu, pengunjung juga lebih nyaman karena lebih menarik dan mudah dipahami.

4. Menggunakan Backlink Tools - Untuk cara berikut ini yakni Anda harus menggunakan alat bantu yaitu saya merekomendasikan Ahrefs. Mengapa Ahrefs, iya karena tool tersebut mampu dapat menemukan backlink berkualitas dengan baik. Banyak sekali manfaat yang Anda peroleh dari tool tersebut. (Saya akan membahasnya pada uraian pembahasan di bawah)

5. Menggunakan Platform Sharing - Pada teknik berikut ini dengan cara mensubmit atau menaruh link (URL) aktif Anda ke platform media sosial sharing. Namun bukan hanya facebook dan twitter saja yang bisa Anda gunakan, melainkan platform khusus untuk berbagi. Nah saya akan membagikan di bawah ini platform sharing yang bisa Anda gunakan.

Baca Juga : 33 Daftar Sosial Bookmarking Memiliki PageRank Tinggi

6. Guest Blogging - Guest blogging adalah cara memperoleh backlink dengan menulis artikel untuk website atau blog orang lain, dan menanam link aktif website Anda pada artikel tersebut. Namun, perlu Anda pilih website atau blog mana yang memiliki trafik tinggi supaya guest blogging bisa Anda rasakan manfaatnya.

B. Social Media To Off Page SEO

Banyak perbincangan oleh para blogger dengan teknik share ke media sosial ini yang tidak ada habisnya. Ada yang mengatakan bahwa kurang efektif dan ada yang mengatakan faktor utama penentu sebuah website atau blog bisa berada di peringkat pertama google.

Ya semua dari pakar SEO pasti memiliki strategi sendiri untuk meningkatkan website mereka. Namun apa yang saya lakukan dari mengoptimalkan suatu website, salah satu cara yakni dengan mengenalkan website dan blog lewat media social.

Seperti yang dibahas sebelumnya, selain memiliki konten berkualitas, Anda juga harus memperlihatkan kepada orang lain.

Pasti diantara mereka karena konten Anda berkualitas dan memberikan solusi yang tepat, jangan salah jika mereka datang kembali ke website Anda, dan bisa jadi mereka akan membagikan konten Anda ke teman, saudara maupun kerabat yang membutuhkannya.

Bukan hal yang mustahil jika diantaranya akan memberikan backlink ke website Anda. Otomatis website atau blog Anda akan mendapatkan nilai tambah bagi Google.

C. Faktor Rangking To Off Page SEO

Off Page SEO merupakan permainan popularitas sebuah website. Google sendiri menggunakan berbagai faktor untuk menentukan popularitas sebuah website.

Seperti yang kita ketahui, bahwa backlink adalah King Off Page SEO. Tapi tidaklah sembarang backlink yang dapat memberikan dampak positif, Pada pembahasan sebelumnya kita sudah bisa mendapatkan sebuah backlink yang berkualitas, Nah Anda juga perlu memperhatikan faktor berikut ini untuk menentukan rangking website Anda.

KUALITAS BACKLINK

Sebuah backlink yang berkualitas memberikan manfaat lebih besar daripada sebuah backlink yang tidak berkualitas. Dibawah ini yang dapat menentukan kualitas backlink itu sendiri diantaranya :
  1. Keaktifan Website / Blog
  2. Reputasi Website / Blog
  3. Website / Blog Relevan
  4. Penempatan Backlink / Contextual Link
  5. Atribut Link Dofollow & Nofollow
  6. Umur Backink

ANCHOR TEXT DI DALAM BACKLINK

Anchor text di dalam link akan dibaca oleh search engine sebagai keyword atau kata kunci. Jadi jika Anda memiliki backlink bentuk anchor text, maka website Anda mendapatkan poin tambahan dari Google.

Namun perlu diingat, bahwa backlink berbentuk anchor text ini tidak akan berdampak positif jika mesin pencari menemukan pengulangan kata kunci. Apabila juga terdapat 1 halaman yang terdapat 2 link aktif mengarah ke website Anda dan kedua link tersebut menggunakan anchor text yang berbeda, maka Google akan memakai anchor text yang pertama. Usahakan 1 kata kunci untuk 1 anchor text.

JUMLAH BACKLINK

Semakin banyak Anda memperoleh backlink, semakin baik tapi dengan syarat kulitas backlink harus seimbang dengan kuantitas backlink. Carilah backlink dari website yang sudah mempunyai reputasi baik di mata search engine. Salah satunya dengan cara yang saya bahas di atas.

VARIASI BACKLINK

Terdapat berbagai jenis backlink salah satu contohnya adalah contextual link, blog comment, bio, profile dan sebagainya. Jika terlalu banyak dan over menggunakan satu jenis backlink, maka tidak akan optimal.

Inilah mengapa search engine menggunakan variasi backlink sebagai faktor penentu website teroptimasi di halaman pertama.

REPUTASI WEBSITE/BLOG

Intinya setiap konten atau postingan website Anda dicari dan ditemukan oleh pengunjung, lalu mereka berinteraksi di dalamnya dengan komentar negative, maka itu akan berdampak buruk untuk website/blog di mata Google.

Bagaimana cara mengatasinya? salah satunya yakni dengan membuat konten original yang memberikan manfaat serta solusi bagi pembaca.

FAKTOR INDIVIDUAL USER

Ketika Google menerapkan personalized search, di dalam hasil suatu pencarian dengan kata kunci yang sama dapat berbeda dari masing-masing Google Account. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
  • Sering dan tidaknya user mengunjungi suatu website
  • Tingkat kepuasan user terhadap suatu website
  • Negara maupun Bahasa
  • Keterlibatan user untuk membagikan konten suatu website

D. Tools Off Page SEO

Untuk mempermudah mengoptimalkan metode Off Page SEO, kini telah banyak bertebaran di dunia internet yaitu tools yang bisa Anda gunakan diantaranya :

GOOGLE ADWORDS

Banyak orang yang menganggap bahwa GA merupakan tool yang paling bermanfaat untuk mengoptimalkan Off Page SEO. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh alat ini yaitu :
  1. Meningkatkan jumlah customer
  2. Mendapatkan hasil yang optimal
  3. Meningkatkan traffik yang berkualitas
  4. Memberikan informasi mengenai market
GA (Google Adwords) juga merupakan alat yang dapat memberikan kesempatan mengonversi pengunjung customer maupun leads bisnis yang Anda kelola. Selain mudah dalam penggunaannya, alat ini juga sangat terjangkau dan kerelevansiannya sangat maksimal.

AHREFS

Ya seperti janji saya pada pembahasan di atas, sekarang saya akan menjelaskan bagaimana tool ini digunakan serta manfaatnya. Ahrefs berguna dalam berbagai hal dikarenakan alat ini memiliki database backlink yang begitu besar, serta membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara menyaingi kompetitor Anda di mesin pencari.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Ahrefs sebagai berikut :
  1. Melacak sumber backlink
  2. Dapat menampilkan keyword yang relevan
  3. Dapat mengetahui informasi para pesaing Anda
  4. Dapat menganalisa strategi dari pesaing Anda

MAJESTIC

Majestic merupakan tool terbaik yang tidak kalah dengan kedua tool diatas. Tool ini sangat dikenal sebagai tool backlink yang paling canggih. Database yang diberikan oleh majestic memiliki informasi mesin pencari secara detail dan terperinci.

Kesimpulan :

Bahwa di dalam dunia SEO terdapat dua metode krusial yang harus Anda lakukan dengan cara yang seimbang agar tercipta hasil yang optimal : On-Page SEO dan Off-Page SEO

Mudah-mudahan panduan Off Page SEO ini bisa membantu Anda. Jangan lupa share ke teman atau kerabat yang membutuhkan agar mereka juga tahu apa itu Off-Page SEO beserta cara optimasinya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Download yang Aman untuk Adsense

2 Responses to "Off Page SEO Adalah? Penjelasan, Tools Dan Optimasi Off Page"

  1. Replies
    1. Artinya setiap link yg tertaut d dalam postingan situs lain secara dofollow, maka blog samean ikut kedalam situs tersebut

      Delete

- Harap berkomentar sesuai topik/judul
- Tidak diperbolehkan mempromosikan barang
- Gunakan kolom komentar dengan bijak
Selamat Berkomentar......... :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel